Sebelumnya mohon maaf bagi para penggemar komputer dan programming. Di postingan-ku nanti akan muncul kata Algoritma, tapi kata algoritma di sini lebih sekedar untuk menghemat ruang tulis saja. Maksud algoritma di sini adalah algoritma dalam proses dan atau prosedur aritmatika (hitung) dalam matematika…
Salah satu hal yang membuat matematika ‘terkenal’ dan juga mungkin ditakuti oleh banyak orang adalah HITUNG. Ya tentu saja matematika banyak berkaitan dengan hitung menghitung tapi matematika bukan hanya tentang ilmu berhitung tapi juga ilmu logika, mengukur dll…
Kita memang sangat butuh bisa berhitung dengan tepat dan EFISIEN. Memang sih sekarang sudah banyak kalkulator dan juga menjamurnya ‘Mental Aritmetika’ yang sangat mempermudah dalam hitung menghitung…tetapi aku tidak mau membahas itu.
Sebagai seorang pendidik aku lebih tertarik pada sisi didaktik…so saat ini aku akan bercerita tentang pembelajaran matematika (untuk anak sekolah dasar). Aku hanya ingin mencoba membandingkan berhitung (contoh yang akan aku tampilkan tentang penjumlahan) menggunakan algoritma dan number sense. Sebenarnya number sense bukanlah suatu metode berhitung, number sense hanyalah semacam kepekaan terhadap bilangan (kata sense memegang peranan penting di dini). Seperti kita mungkin sering mendengar “Si A memiliki sense of humor yang bagus”, nah orang yang memiliki sense of humor bagus itu memiliki kepekaan dan keahlian dalam mengolah kata-kata menjadi suatu lelucon. Orang yang memiliki sense of humor bagus tidak membutuhkan kata-kata yang banyak dan rumit untuk membuat lelucon, dengan satu kata sederhana saja apa yang dia katakan bisa menjadi lelucon yang bagus. Nah, saya analogikan sense of number (alias number sense) dengan sense of humor tersebut. Seseorang yang memiliki sense of number bagus diharapkan dapat memiliki keahlian dan kepekaan untuk mengolah bilangan sehingga dapat membantu mempermudahnya dalam berhitung.
Sekarang mari kita coba bersama-sama…
Coba hitung 3996 + 4246 …..
JANGAN MEMBACA LANJUTAN POSTING INI SEBELUM KAMU MENEMUKAN JAWABAN SOAL DI ATAS!!!! (DILARANG PAKAI KALKULATOR ataupun HP hehehe)
Sudah ketemu jawabannya? Kalau sudah, ayo kita lanjutkan…
Mungkin ada di antara kamu yang menjumlahkan dengan cara menjumlahkan satuannya dulu (6+6=12) lalu ‘sisanya’ ikut dijumlahkan dengan puluhannya (1+9+4=14) dan begitu seterusnya…sampai mendapatkan hasil 8242. Nah cara itulah yang aku maksud dengan ALGORITMA…
Selamat bagi kamu yang tidak mengerjakan dengan cara tersebut (tapi jawabannya harus benar lho…)!
Sekarang aku akan menawarkan satu cara lain …yaitu cara hitung berdasarkan pemahaman akan NUMBER SENSE…
Sekarang aku akan ‘mengubah’ 3996 menjadi friendly number (bilangan yang mudah dipahami dan dioperasikan, seperti 10, 100, 400 dll). Aku akan mengubah 3996 ke friendly number terdekat yaitu 4000. Untuk mengubah 3996 menjadi 4000 kita harus meminjam sebanyak 4 dari 4246 sehingga nanti akan tinggal 4242. Berarti sekarang kita sudah punya dua bilangan, yaitu 4000 (penjelmaan dari 3996) dan kita juga punya 4242 (penyunatan dari 4246). Sekarang kita tinggalkan menjumlahkan 4000 dan 4242…ketemu deh 8242.
Mana yang lebih mudah antara ALGORITMA atau NUMBER SENSE? Kalau menurutku sih menghitung lebih mudah setelah kita memahami number sense….tapiselanjutnya terserah Anda…
Kalau mau bandingkan lagi mana yang lebih mudah antara algoritma dan number sense, silakan dicoba… 1289 + 279…
Kalau menurutku pribadi…seandainya anak-anak Indonesia sejak SD sudah memiliki NUMBER SENSE yang bagus maka mungkin kisah sedih Matematika akan berganti jadi kisah indah Matematika…
Sebenarnya algoritma maupun number sense dua-duanya bukanlah approach atau pendekatan dalam pembelajaran matematika; justru kedua hal tersebut merupakan produk ataupun akibat dari dua approach yang berbeda. Algoritmanew math merupakan produk dari , suatu pendekatan pembelajaran matematika yang dikembangkan di Amerika Serikat. Sedangkan number sense dihasilkan oleh suatu approach yang dikembangkan di Belanda sejak tahun 1970-an; yaitu RME (Realistic Mathematics Education).
Menarik juga apa yang Mas Tulis di atas, di Jakarta Masih Booming tentang Aritmatika, dimana-mana dibuka kursus aritmatika, peminatnya ? wah lumayan… NUMBER SENSE teori baru yang perlu disosialisaikan
Terima kasih Mas Deni telah sudi mampir di gubug saya ini…
Sebenarnya mental aritmatika juga bagus, tapi saya sebagai seorang pendidik lebih senang kalau anak benar-benar memahami makna apa yang mereka pelajari…
wow hebat deh kepekaan kita terhadap algoritma memang mesti di asah terus…. katanya sih isi alam ini adalah sebuah pengulangan…. jadi algoritma pentiiiiiiiiiiiiiing
kereeenn….
buat adek…
@ Kangguru:
Setuju sih…cuma sayangnya saya sedang tertarik sebaliknya…sedikit melupakan algoritma untuk sejenak dan berusaha memahami apa itu bilangan dengan mempelajari tentang number sense
Di Indonesia sekarang ada teknik berhitung metode horizontal, semakin banyak pilihan semakin bagus, sepertinya itu akan booming, itu karya manusia Indonesia.
Teknik sampean bisa lebih variatif lagi kali membaca link variasi (Berhitung Cepat Math Forum)yg ada di menu sidebar blog saya, promisi ini hehehe
matur nuwun informasinya Pak Guru.
sebenarnya apa yang saya sampaikan itu juga sedang dikembangkan di indonesia (smntr baru Jakarta, Palembang, Yogya, Surabaya, Makassar dan beberapa kota lagi)
matematika tetap saja SUCK!!
tetap aku BENCI matematika..
apalagi MIPA!!!
Numpang nimbrung nih Mas…
Number Sense? Sepertinya nama yang keren… Tapi dulu waktu SD saya pernah belajar ini, cuma lupa namanya (nama metodenya), kalau nama guru matematikanya masih inget. Coz beliau yang mengantarkan saya jadi juara lomba matematika di Kabupaten, kekekeke…
Monggo Mas Pramur…numpang makan juga boleh kok…
Wah…wah menang lomba matematika to? Makan-makannya mana? Gak papa kan kalau syukuran setelah Mas Pramur jadi mahasiswa hehehe
lumayan.
trus kalo 1566+1656=?
gimana pendapat number sense tentang soal ini?
Buat edelwise: Kata “number sense”, wah soal itu mudah saja. Begini nih….
1566 + 1656 = 1500 + 66 + 1600 + 56
1566 + 1656 = 1500 + 1600 + 66 + 56
1566 + 1656 = 1500 + 1500 + 100 + 66 + 56
1566 + 1656 = 3000 + 100 + 50 + 16 + 50 + 6
1566 + 1656 = 3000 + 100 + 50 + 50 + 16 + 6
1566 + 1656 = 3200 + 16 + 4 + 2
1566 + 1656 = 3200 + 20 + 2
1566 + 1656 = 3200 + 22
1566 + 1656 = 3222
Mudah-mudahan mudah…
number sense setelah mnemonics?
bagus juga… tapi =>o
@ Al Jupri
Salam kenal,
Waduh… kayaknya itu terlalu belibet deh. Kan bisa dipangkas algoritmanya…
1566 + 1656 = 1500 + 1600 + 66 + 56
1566 + 1656 = 1500 + 1600 + 60 + 50 + 12
1566 + 1656 = 3100 + 110 +12
1566 + 1656 = 3222
Cuma empat langkah 😉 . Kalau terlalu algoritmik bukannya jadi kayak pejumlahan bersusun?
(o_0)”\ — garuk2 kepala
tapi number sense hanya untuk orang2 cerdas yang bisa dengan cepat menghitung pinjam meminjam angka….
huwhh….. -^-
pak deking saya salah satu mahasiswi yang ngambil judul kemampuan number sense siswa SD kelas 4. ketertarikan saya hampir sama dengan anda, kemampuan number sense itu perlu dilatih sejak dini agar ga ada kata takut pada matematika. rencananya saya akan menganalisis pengerjaan soal anak. seperti contoh bapak tadi. mohon balasannya
eh kapan-kapan kalo saya konsultasi soal skripsi saya itu boleh pak ya…..
saya seorang ibu yang mempunyai satu putra yang sekarang duduk dikelas 1 SD. saya ingin bertanya pada bapak bagaimana mengenalkan number sense untuk anak saya. dan apakah ada metode lain selain number sense?. karena masuk semester 2 anak saya jadi tidak mau belajar matematika dengan alasan soal-soalnya sulit. sebelumnya terima kasih pak.
@Ulfa:
Insya Alloh saya siap kalau ada yang bisa saya bantu
@Stevy:
Ada beberapa metode untuk membantu anak belajar perhitungan Matematika, tetapi terus terang saya tidak tahu banyak mengenai metode-metoe yang lain.
Mengajak anak menguasai number sense tidak bisa dilakukan secara instan. Number sense benar2 mengajak anak2 untuk benar2 mengahami bilangan, jadi bukan mengajarkan suatu hafalan.
Cara yang sering digunakan untuk membantu anak belajar number sense adalah memberi sejumlah barang (awalnya sekitar 30 items) untuk dihitung. Awalnya mungki anak akan menghitung satu per satu tetapi arahkan (bukan perintahkan lho) mereka untuk membuat barang yg dihitung tsb menjadi beberapa group yg beranggota 10 barang. Pelan2 tambah jumlah barang yang akan dihitung sehingga anak benar2 memahami arti penting pembentukan group (yg berisi 10 item).
Mungkin sekitar 10 Mei akan saya usahakan untuk mengirim beberapa hal yg saya ketahui tentang number sense ke email ibu. Saat ini saya sedang lumayan sibuk. Seandainya sampai tanggal 10 Mei saya belum mengirim email, maka mohon saya diingatkan karena mungkin saya benar2 lupa.
pak saya juga mau dongggg metode number sense untuk anak saya umur 7 thn, dia sih udah ikut metode kumon tp kl kumon itukan hrs menghafal ya, kl ada metode yang lebih simple bagi2 donggggg, thx
Mbak Tri..saya pernah kasi asisten metode kumon..mathematics as memorizing..
Saya lebih menyukai matematika diajarkan dengan bermakna pada siswa…
Biar lebih jelas pengertian number sense nya
Number sense is a good intuition about numbers and their relationship(my own definition). Number sense involves an awareness of amounts, giving meaning to numbers and being able to relate the different meanings of numbers to each other (Treffers et al., 1999). Children discover easier ways of handling numbers, and they come to understand that numbers can have different representations and can act as different points of reference (Treffers et al., 1999).
masih perlu belajar nih
sekarang merasa perlu, dulu matematika yg penting “hafal” rumus 😀
Saya sih udah sering make yg gituan. Cuma waktu sd dulu pernah diejek guru dengan sebutan ‘cara kampung’.
btw, menurut saya itu untuk hanya efektif untuk orang yg sudah paham berhitung. number sense hanya untuk mempermudah (shortcut ?) penghitungan, dan sangat berguna jika harus menghitung cepat tanpa ada (tidak mau pakai) alat bantu (kertas / alat tulis / kalkulator dll.)
your explanation is clear enough, l can get your point although just a litlte. btw, would you like to help me study matematic? actualy l do like it, but up yo now l do not understand at all. so, i do hope we can study together. see you, and send my love to your familiy.
hmmm great idea for my kid…. 🙂
1566 + 1656 = ????
.
.
.
(1000 + 500 + 50 + 10 + 6) + (1000 + 500 + 100 + 50 + 6) = ?
sekarang dikumpulkan dari yg paling besar
1000 + 1000 + 500 + 500 + 100 + 50 + 50 +10 + (6 + 6) = ?
lihat lebih gampang kan?? (seperti menghitung uang) ini adalah cara berhitung tukang dagang yang gak pernah belajar di sekolah contohnya adalah bude saya… hehehe…
note : untuk angka yg lebih besar dari 5 seperti contoh diatas yaitu (6 + 6) bisa dibuat jadi (5 + 1) + (5 + 1).
ka belajar dimana?
jujur aku tertarik ma tulisan kakak.
kakak mau ga ajarin aku?
aku rifky.
nama kakak.
kabarin aku yah. thamkz.
bagus sih number sense tp it kok lebh cocok untuk SD?
bsa engga terbitin bukunya ge untk SMP ato SMA?
bagus sih number sense nya tapi terbitin ge dong number sense untuk SMP?
salam kenal. saya mahasiswa matematik lagi nyari bahan untuk tugas akhir trus saya dapat buku tentang number sense dan saya tertarik tuk ngebahas ini di tugas akhir saya. kira2 bagus gak yah klu number sense dikaji untuk skripsi?trus cocok pa tidak untuk jenjang smp dan sma. tolong di balas yah, kalau bisa ke alamt email saya. penting. thanks.
Salam, saya sangat tertarik denga number sense tertutama ketika sy mendapat dari dosen saya yg lagi ngambil S2 di UPI. Namun saya masih kesulitan mencari referensinya terutama yg berbahasa Indonesia. Yg sy tau br ketemu 1 judul Number sense belajar matematika selezat coklat. Bisa saya dapat Referensi untuk Numbersense baik dari dalam maupun luar negeri? Buku dalam bentuk pdf jg gapapa.
Sya denger number sense jadi bagian dalam kurikulum di Amerika, ada yang punya keterangan bagaimana menerapkannya? Mohon bantuannya ya…demi perkembangan pengajaran matematika bangsa.
salam kenal, saya mahasiswi matematik lg nyari bahan untuk tugas akhir, saya dapat buku number sense , kemudian saya tertarik untuk membhas nya . kira2 bgus gak number sense ini di bahas ? truz untuk jenjang apa bgusnya ? n kelas brapa ? tolong di balaz ya , kalau bisa ke almt email saya , penting , thanks b4 , saya tunggu blasanna
salam kenal , saya mahasiswi matematika lagi nyari bahan untuk tugas akhir , saya tertarik untuk membahas number sense , untuk itu saya mohon petunjuknya , apakah number sense ini bagus di kaji untuk skripsi ? truz number sense ini bagusnya digunakan untuk jenjang apa n kls brpa ?
tolong di bls ya , kalau bisa ke elmt email saya , di tunggu blsna , penting , tanks b4
kalo membentuk number sense kelaz 1 smp gmna????
truz cara ngukur number sense tu gmna jga????
thx2010..
salom , saya sangat tertarik dengan number sense tetapi bagai mana cara mendapatkan referensi bukunya.
Salam kenal, saya kebetulan dua hari ini akan berbagi mengenai pembelajaran matematika ke teman-teman guru dari madrasah ibtidayah. Saya mohon izin, tulisan saudara akan saya print dan bagikan, karena menurut saya menarik.
Salam,
Puti
Salam,
Number Sense memang luar biasa, kepekaan terhadap bilangan membantu siswa untuk memecahkan masalah khususnya matematika dengan beragam solusi kreatif yang tidak terikat dengan prosedur operasi matematika.
49 + 14 = 40 + 10 + 13 atau
…………. = 50 + 13 atau
…………. = 59 + 4 atau
…………. = 50 + 15 – 2 dst…
Sayang…, pembelajaran di sekolah kebanyakan di Indonesia nampaknya belum memiliki “sense” untuk membangun generasi yang lebih kreatif.
Masih banyak, modul-modul yang memvisualisasikan konsep operasi matematika tanpa memperhatikan grouping gambar yang akan mempermudah siswa memiliki manipulasi bilangan.
Semoga berkenan
Salam
waahhh…
asik jga berhitung menggunakan number sense..
penting buat bahan pengajaran… n_n
salam kenal,,,,,,,
saya mahasiswa matematika, saya tertarik dengan number sense,,,,??
gimana nyari buku nya,,, sebab saya tgs akhir pengen bangat membahas tentang number sense,,,,,,,
di tunggu balasan nya,,,,,,??
Salam kenal,, saya setuju dg tulisan anda,, saya mahasiswa pend matk di univ negeri jakarta,, saya juga sudah melakukan penelitian ttg Strategi mental aritmetika untuk menyelesaikan soal penjumlahan bilangan sampai 500 dengan pendekatan Pendidikan Matematika realistik Indonesia (PMRI) dg metode Design research, yaitu salah satu metode peneltian yang berasal dari belanda utk pengembangan metode RME.
Strategi mental aritmetika yang dikembangkan dengan kelima karakteristik PMRI dalam penerapan di kelas 2, berhasil membuat anak2 memiliki number sense yang baik, mereka dapat melakukan perhitungan yang fleksibel dan efisien untuk menyelesaikan soal penjumlahan bilangan dan hal ini sangat membantu anak2 untuk memiliki kepercayaan diri ttg matematika. Mereka tidak lagi terpaku dg algoritma sebagai satu2nya cara untuk menyelesaikan soal penjumlahan, tetapi mereka dapat menemukan strategi berhitung yang lain untuk menyelesaikan soal penjumlahan.
Saya juga setuju dengan pendapat anda. Saya mahasiswa PGSD di UNSRI. Sebagai calon guru SD kami jg mempelajari berbagai strategi pemecahan masalah matematika SD salah satunya yg anda tulis mengenai Number Sense. Belajar matematika dgn cara ini dpt melatih kepekaan anak trhdp angka2 dlm operasi hitung, cara ini jg bs menambah ketertarikan anak dlm bljr matematika karena dgn Number Sense siswa seolah sedang bermain dgn angka2 yg ada pd soal..
1566 + 1656 =….
Kalau menurut saya berdasarkan cth yg diberikan di atas, cara penyelesaiannya sbg brkt..
Kita ubah 1566 ke friendly terdekat yaitu 1600. Untuk mengubah 1566 menjadi 1600 berarti kita harus menjumlahkan 1566 dengan 34 barulah kita mendapatkan 1600. Jika tadi kita menjumlahkan 1566 dgn 34, sekarang kebalikannya kita harus mengurangkan 1656 dengan 34 sehingga didapat 1622, maka
1566 + 1656 = diubah menjadi
1600 + 1622 = 3222
Boleh saya meminta referensi tentang Number Sense, saya sedang mengajukan ide untuk tesis tentang Number Sense ini, mohon bantuannya:), terima kasih ya sebelumnya
selamat siang,, selain buku yang berjudul “Belajar Matematika Selezat Coklat” adakah buku referensi number sense yang lain pak? terimakasih banyak.
Assalamualaikum..
Bapak, saya sedang mencari tugas akhir dan saya tertarik tentang number sense..
Saya ingin mengetahui lebih banyak tentang number sense, kalo boleh saya minta referensi tentang number sense nya pak..
Saya juga ingin bertanya ” bagaimana cara mengukur kemampuan number sense?” mohon dijelaskan secara detail..
tolong dibalas ya pak, kalo bisa di alamat email saya..
terima kasih pak
masih ada yg pinter juml;ah angka secara cepat ya! padahal itu digemari anak2 tahun 1960-an, sekarang sudah jarang anak tertarik